Saturday, January 28, 2017

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa - Komputer merupakan perangkat yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, hampir sebagian besar masyarakat dunia sudah mengenal dan pernah menggunakan komputer. Perkembangan komputer dewasa ini sudah sangat pesat. Baik hardware komputer, software komputer, dan perangkat tambahan komputer berkembang semakin canggih. Mulai dari ukuran yang sangat besar ketika pertama kali muncul hingga saat ini ukurannya sudah semakin kecil, ringan dan mudah dibawa.


Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa
Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa
A. Pengertian Komputer
            Komputer adalah suatu alat untuk memproses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan dalam jumlah yang banyak secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia. Komputer juga dapat diartikan sebagai suatu perangkat elektronik yang dapat melakukan tugas input data, memproses data hingga menghasilkan output berupa berbagai informasi. Perkembangan yang terjadi tidak terlepas dari inovasi perusahaan-perusahaan di bidang komputer hingga tuntutan persaingan bisnis antar perusahaan.

B. Sejarah Computer Dari Masa Kemasa
            Era perkembangan komputer dapat dibagi menjadi beberapa periode, yakni:
1. Komputer Generasi Pertama (1944-1959)

Komputer Generasi Pertama (1944-1959)
Komputer Generasi Pertama (1944-1959)
Tabung hampa udara merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Akibat peggunaan komponen tambahan, komputer memiliki ukuran yang besar, berat, dan mahal.

Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama, ENIAC, selesai dibuat. Pada komputer  tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. Karena memiliki ukuran yang besar, ENIAC memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri. Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

Universal Automatic Komputer I

UNIVAC I (Universal Automatic Komputer I) adalah komputer komersial pertama yang diproduksi di Amerika Serikat. Hal ini dirancang terutama oleh J. Presper Eckertand John Mauchly, penemu ENIAC. Karya desain ini dimulai oleh perusahaan mereka, Eckert-Mauchly Computer Corporation, dan selesai setelah perusahaan telah diakuisisi oleh Remington Rand (yang kemudian menjadi bagian dari Sperry, sekarang Unisys). Dalam tahun-tahun sebelum model penerus dari UNIVAC I muncul, mesin itu hanya dikenal sebagai “UNIVAC”.
UNIVAC pertama dikirim ke Biro Sensus Amerika Serikat pada tanggal 31 Maret 1951, dan didedikasikan pada 14 Juni 1951.

2. Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”, “collector”, dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan, seperti tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan menjadikan komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

 Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).

 Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri komputer generasi kedua yaitu
·         Sirkuitnya berupa transistor
·         Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL
·         Kapasitas memori utama sudah cukup besar
·         Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama
·         Proses operasi sudah cepat
·         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
·         Berorientasi pada bisnis dan teknik.

Contoh komputer generasi kedua adalah UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 9 (pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)

UNIVAC III

UNIVAC III
Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)

Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)
Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Dengan diciptakannya sedikit Silicium berukuran beberapa milimeter inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.

Cincin magnetis tersebut dapat dimagnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan dan akhirnya menghasilkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam sistem bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memori terdapat 924 cincin magnetis yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memori dan 8 bit untuk core memory. Dapat digunakan untuk multiprogram. 

Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga yaitu
·         Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits)
·         Peningkatan dari softwarenya
·         Pemrosesan lebih cepat
·         Kapasitas memori lebih besar
·         Penggunaan listrik lebih hemat
·         Bentuk fisik lebih kecil dan harga semakin murah
Contoh yang termasuk komputer generasi ketiga antara lain UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, PDP-8, PDP-11 (pabrik pembuatnya Digital Equipment Corporation)


PDP-8
DEC-PDP-8 adalah komputer mini komersial pertama yang sukses diproduksi oleh Digital Equipment Corporation (DEC) pada tahun 1960. DEC memperkenalkannya pada tanggal 22 Maret 1965, dan terjual lebih dari 50.000 sistem, yang paling baik dari setiap komputer sampai tanggal tersebut. Itu adalah komputer pertama yang dijual secara luas dalam rangkaian komputer DEC PDP (PDP-5 awalnya tidak dimaksudkan untuk tujuan-umum). Chief engineer yang merancang versi awal PDP-8 adalah Edson de Castro, yang kemudian mendirikan Dat aGeneral.PDP awal-8 model (informal dikenal sebagai "-8 Straight") menggunakan logika dioda-transistor, dikemas pada kartu chip flip, sebesar ukuran lemari es-minibar.

4. Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)
Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.

Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri-ciri komputer generasi keempat yaitu
·         Lebih kompleks, IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi menggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration (LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip)
·         Mempunyai ingatan yang amat besar, Unit pemprosesan pusat juga mungkin boleh berfungsi kepada paras seperti otak manusia dan Mempunyai kepandaian tersendiri, mengesan keadaan sekeliling melalui pengelihatan dan bijak mengambil sesuatu keputusan bebas daripada kawalan manusia.
Contoh yang termasuk komputer generasi keempat antara lain Apple II, IBM Pentium II

APPLE II
Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Komputer Faire pada bulan April 1977.Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini monitor tidak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna. Pada saat yang sama Jobs menekankan disain casing dan keyboard yang lebih baik dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu namun pengguna masih harus memasang berbagai macam komponen dan menulis kode untuk menjalankan BASIC.

PENTIUM II
Pada bulan mei 1997 perusahaan Intel memperkenalkan microprocessor pentium II sebagai kelanjutan dari seri pentium. Pentium II mempunyai seri Intel 233 MHz, Intel Pentium 266 MHz, Intel Pentium 300 mhz.

5. Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Komputer ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa. Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai artificial intelligence.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Komputer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana tetapi memiliki kemampuan yang semakin canggih.

C. Penerapan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari
Penerapan komputer dalam kehidupan sehari-hari sangat memudahkan manusia. Perkembangannya juga memengaruhi berbagai macam aspek kehidupan manusia.

Adapun penerapan aplikasi komputer di berbagai bidang yaitu :
1. Bidang Pendidikan
Aplikasi komputer dalam bidang pendidikan berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-Managed Instruction (CMI). Ada pula peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya. Modus ini dikenal sebagai Computer-assisted instruction (CAI)(Musthaqim, 2003).
Secara umum aplikasi komputer dalam bidang pendidikan terbagi dua, yaitu :
·         Aplikasi non pengajaran
Dalam aplikasi non pengajaran terbagi menjadi empat, yaitu
-          CBE (Computer Based Education)
Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
-          CAT (Computer Assisted Testing)
Ujian berbantuan komputer, sebagai pengganti kertas ujian, tanya jawab interaktif.
-          CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk   memberikan pengarahan kepada pemakai.Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
-          CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
·         Aplikasi pengajaran
Dalam aplikasi pengajaran terbagi menjadi tiga, yaitu :
-          CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI :
1.    Latih dan Praktek (Drill and Practice)
Menguji tingkat pengetahuan siswa.
2.    Penjelasan (tutorial)
Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
3.    Simulasi
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
4.    Pemainan (game)
Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.

2. Bidang Perbankan
Penggunaan komputer dalam dunia perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank. Biasanya komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM. Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING (Pressman, 2002).

3. Bidang Industri
Penggunaan komputer dalam bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control process). Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan. Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi (Yuhefizar, 2003).

Komputer yang dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya (Sudirman, 2003).

Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Fungsi robot di industri pada umumnya ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang memerlukan ketelitian tinggi, waktu yang tepat dan mengandung resiko tinggi terhadap keselamatan kerja. Industri mobil paling banyak memanfaatkan robot untuk melakukan perakitan. Definisi robot menurut Robot Institute of America (1979) adalah : lengan manipulator berfungsi banyak yang dapat diprogram, untuk menggerakan bahan-bahan, suku cadang, perlatan atau alat industri lainnya melalui berbagai program pergerakkan untuk melaksanakan berbagai macam tugas.

Awal muncul robot pada tahun 1946 dalam bentuk sistem perekaman magnetis di lengan manipulator, sebagai perintis robot adalah George Deval. Sedangkan produksi robot dimulai tahun 1961. Walaupun dikembangkan di Amerika, robot tersebut justru meluas pemakaiannya di Jepang, sampai terkenal sebagai pemimpin dalam aplikasi robot dunia. Zaman robot di Jepang dimulai tahun 1967, tiga tahun kemudian Kawasaki Heavy Industri mulai memproduksi  robot.

Robot industri pada umumnya terdiri dari sebuah bangunan besar dengan beberapa lengan lengkap dengan penjepit, sensor dan peralatan pada ujungnya. Struktur robot dapat dibagi menurut bagian  sebagai berikut:
·         Manipulator, merupakan basisnya, Bagian ini dapat digeser secara terbatas.
·         Pengendali, terdiri dari komputer, antarmuka dan perangkat lunak
·         Sumber daya. Robot bertenaga listrik paling baik
·         Peralatan ujung. Penjepit, penyemprot, las dan sebagainya.

4. Bidang Penerbangan
Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat. Di bidang penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet (Rahmat, 2003).

6. Bidang Riset / Biologi
Aplikasi komputer dalam bidang biologi atau riset disebut “Bioinformatika” merupakan gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Bioinformatika didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu bioinformatika lahir atas insiatif para ahli ilmu komputer berdasarkan artificial intelligence. Mereka berpikir bahwa semua gejala yang ada di alam ini bisa dibuat secara artificial melalui simulasi dari gejala-gejala tersebut. Bioinformatika ini penting untuk manajemen data-data dari dunia biologi dan kedokteran modern (Irwansyah, 2003).

Perangkat utama Bioinformatika adalah program software dan didukung oleh kesediaan internet. Saat ini, perkembangan ilmu biologi sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu bioinformatika. Bioteknologi modern ditandai dengan kemampuan manusia untuk memanipulasi kode genetik DNA, “cetak biru kehidupan”. Berbagai aplikasinya telah merambah sektor kedokteran, pangan, lingkungan, dsb. Kemajuan ilmu Bioinformatika ini dimulai dari genome project yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menghasilkan tumpukan informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi (Yuhefizar, 2003).

7. Bidang Militer
Pada bidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,  untuk  melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer (Rahmat, 2003).

8. Bidang Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit yang tidak terlihat dan menemukan obat yang tepat. Komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ-organ tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi dengan menggunakan komputer, antara lain yaitu :

a.    Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) digunakan untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan cara menggunakan sinar-X

b.    Sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh
c.    SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan suatu sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar
d.    PET (Position Emission Tomography) merupakan suatu sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif

e.    NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Dengan munculnya pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran, hal tersebut sangat membantu seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat


f.     Medis sonografi (USG) adalah USG diagnostik berbasis teknik pencitraan medis yang digunakan untuk memvisualisasikan otot, tendon, dan organ internal banyak, untuk menangkap ukuran mereka, struktur dan setiap lesi patologis dengan gambar real time tomografi. USG telah digunakan oleh sonographers untuk gambar tubuh manusia untuk setidaknya 50 tahun dan telah menjadi salah satu alat diagnostik yang paling banyak digunakan dalam kedokteran modern. Teknologi ini relatif murah dan portabel, terutama bila dibandingkan dengan modalitas lainnya, seperti magnetic resonance imaging (MRI) dan computed tomography (CT). USG juga digunakan untuk memvisualisasikan janin selama rutin dan perawatan darurat kehamilan. Aplikasi diagnostik seperti yang digunakan selama kehamilan disebut sebagai sonografi obstetrik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment