Sejarah Bank Mandiri - Baiklah mimin bakalan
menceritakan tentang sejarah Bank
Mandiri yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki
kantor pusat di Jakarta dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank Mandiri
memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate,
Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury &
International Banking. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan
untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan
pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), AXA-Mandiri Financial
Services (asuransi jiwa), Bank Sinar Harapan Bali (UMKM) serta Mandiri Tunas
Finance (jasa pembiayaan).
Sejarah Bank Mandiri
Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program
restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintaha Indonesia. Pada
bulan Juli 1999, empat bank pemerintah -- Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara,
Bank Exim and Bapindo–dilebur menjadi Bank Mandiri. Masing-masing dari keempat
legacy banks memainkan peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan
perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi
selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan
perekonomian Indonesia.
![]() |
Sejarah Bank Mandiri |
Segera setelah merger, Bank Mandiri melaksanakan proses konsolidasi secara
menyeluruh. Pada saat itu, kami menutup 194 kantor cabang yang saling
berdekatan dan mengurang jumlah karyawan, dari jumlah gabungan 26.600 menjadi
17.620. Brand Bank Mandiri kami implementasikan secara sekaligus ke semua
jaringan kami dan pada seluruh kegiatan periklanan dan promosi lainnya.
Satu dari sekian banyak keberhasilan Bank Mandiri yang paling signifikan
adalah keberhasilan dalam menyelesaikan implementasi sistem teknologi baru.
Sebelumnya kami mewarisi 9 core banking system yang berbeda dari keempat bank.
Setelah melakukan investasi awal untuk segera mengkonsolidasikan kedalam system
yang yang terbaik, kami melaksanakan sebuah program tiga tahun, dengan nilai
US$200 juta, untuk mengganti core banking system kita menjadi satu system yang
mempunyai kemampuan untuk mendukung kegiatan consumer banking kita yang sangat
agresif. Hari ini, infrastruktur IT Bank Mandiri memberikan layanan
straight-through processing dan interface tunggal pada seluruh nasabah.
Nasabah korporat kami sampai dengan saat ini masih mewakili kekuatan utama
perekonomian Indonesia. Menurut sector usahanya, portfolio kredit korporasi
terdiversifikasi dengan baik, dan secara khusus sangat aktif dalam sector
manufaktur Food & Beverage, agrobisnis, konstruksi, kimia dan tekstil.
Persetujuan dan monitoring kredit dikendalikan dengan proses persetujuan four
eyes yang terstruktur, dimana keputusan kredit dipisahkan dari kegiatan
marketing dari unit Bisnis kami.
Sejak berdirinya, Bank Mandiri telah bekerja keras untuk menciptakan tim
manajemen yang kuat dan professional yang bekerja berlandaskan pada
prinsip-prinsip good corporate governance yang telah diakui secara
internasional. Bank Mandiri disupervisi
oleh Dewan Komisaris yang ditunjuk oleh Menteri Negara BUMN yang dipilih
berdasarkan anggota komunitas keuangan yang terpandang. Manajemen ekskutif
tertinggi adalah Dewan Direksi yang dipimpin oleh Direktur Utama. Dewan Direksi
kami terdiri dari banker dari legacy banks dan juga dari luar yang independen
dan sangat kompeten. Bank Mandiri juga mempunyai fungsi offices of compliance,
audit dan corporate secretary, dan juga menjadi obyek pemeriksaan rutin dari
auditor eksternal yang dilakukan oleh Bank Indonesia, BPKP dan BPK serta
auditor internasional. AsiaMoney magazine memberikan penghargaan atas komitmen
kami atas penerapan GCG dengan memberikan Corporate Governance Award untuk
katagori Best Overall for Corporate Governance in Indonesia dan Best for
Disclosure and transparency.
Dengan aset yang terus bertumbuh sampai dengan diatas Rp 319 triliun, dan
lebih dari 21 ribu karyawan yang tersebar pada 1000 kantor dalam negeri dan 6
kantor dan perwakilan luar negeri Bank Mandiri bertekad untuk memberikan
keprimaan dalam layanan perbankan dan memberikan solusi keuangan yang sangat
luas dalam investasi dan produk syariah, serta bancassurance untuk nasabah
korporat, komersial, small business dan micro business selain nasabah
individual kami. Tekad kami tersebut telah diakui dan dihargai sebagai
peringkat pertama dalam Banking Service Excellence Award 2007 oleh Majalah
Infobank.
Jaringan distribusi Bank Mandiri termasuk 3,186 ATMs, 7,051 ATMs in the
LINK Network and 12,663 ATM Bersama Networks, and Electronic Data Capture (EDC)
kurang lebih 25,254 di seluruh Indonesia. Bank Mandiri mempunyai 8.3 juta
pemegang kartu ATM and 3.2 juta pengguna SMS Banking, 783,356 pengguna internet
banking and 822,937 pengguna Call Mandiri dan lebih dari 1 juta pemegang kartu
kredit Visa.
Produk-Produk Bank Syariah Mandiri
Bank Syariah Mandiri memiliki beberapa produk-produk yang
ditawarkan kepada para nasabahnya (consumer
banking), antara lain :
1. Produk Tabungan
a.
Tabungan BSM
b.
BSM Tabungan Berencana
c.
BSM Tabungan Simpatik
d.
BSM Tabungan Investasi Cendekia
e.
BSM Tabungan Dollar
f.
BSM Tabungan Pensiun
g.
BSM
Tabunganku
2. Produk Giro
a. BSM
Giro
b. BSM
Giro Valas
c. BSM
Giro Singapore Dollar
d. BSM
Giro Euro
3. Produk Deposito
a. BSM
Deposito
b. BSM
Deposito Valas
4. Produk Layanan BSM Priority
Merupakan
layanan
personal dengan fasilitas yang mengutamakan
kenyamanan dalam keseimbangan baik dalam layanan finansial maupun layanan non
finansial.
5. Produk Pembiayaan Konsumer
a. BSM
Implan
b. Pembiayaan
Peralatan Kedokteran
c. Pembiayaan
Edukasi BSM
d. Pembiayaan
kepada Pensiunan
e.
Pembiayaan
kepada Koperasi Karyawan untuk Para Anggotanya
f.
Pembiayaan Griya BSM
g.
Pembiayaan
Griya BSM Bersubsidi
h.
Pembiayaan Kendaraan Bermotor Produk Jasa
6.
Produk
Jasa
Dalam
produk ini BSM menawarkan 3 jenis jasa untuk nasabahnya, yaitu :
a.
Jasa
Produk :
i.
BSM Card
ii.
BSM Sentra Bayar, merupakan layanan bank
dalam menerima pembayaran tagihan pelanggan.
iii.
BSM SMS Banking
iv.
BSM Mobile Banking
v.
BSM
Net Banking
vi.
Pembiayaan Melalui Menu Pemindah Bukuan
di ATM (PPBA)
vii.
BSM Jual Beli Valas
viii.
BSM Electronic Payroll
ix.
Transfer Uang Tunai
x.
BSM
E-Money
b. Jasa
Operasional
i.
BSM Transfer Lintas Negara Western Union
ii.
BSM Kliring
iii.
BSM Inkaso
iv.
BSM Intercity Clearing
v.
BSM
RTGS
(Real Time Gross Setllement)
vi.
Transfer Dalam Kota (LLG)
vii.
BSM Transfer Valas
viii.
BSM Pajak Online
ix.
BSM Referensi Bank
x.
BSM Standing Order
xi.
BSM
Payment Point
xii.
Layanan
BSM Pembayaran Institusi (BPI)
c. Jasa
Investasi
i.
Reksadana
ii.
Sukuk Negara Ritel
6. Emas
a. BSM Gadai Emas
b. BSM Cicil Emas
7. Haji & Umroh
a. Tabungan Mabrur
b. Pembiayaan Umrah
c. Pembiayaan Talangan Pendaftaraan Haji Reguler dan Khusus
d. Tabungan Mabrur Junior