Sejarah Menara Eiffel - Menara Eiffel
(bahasa Perancis: Tour Eiffel,
/tuʀ ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di
Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon
global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.
Sejarah Menara Eiffel |
A. Sejarah
Menara Eiffel
Dinamai
sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan
tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari
200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889,
termasuk 6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya monumen berbayar yang paling
banyak dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini
memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan
konvensional bertingkat 81.
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran
Dunia yang merayakan seabad Revolusi
Perancis. Eiffel sebenar-nya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para
pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan
mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona,
Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran
Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889.
Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga
ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari
besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural
oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit
modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua
platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan
takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar
harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya
dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson
mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Danselama
dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh
kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad,
kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun
dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi Messonier,
Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] yang membenci
menara itu makan siang di restoran
Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah
satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini,
masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok. Salah satu cliché
film Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu
menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris
menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan
jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun,
yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan
kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan
kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara
ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan
berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk
mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan
menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.
Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel ,
Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur
terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini
sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006,
menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk
antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki)
sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia gelar yang dipertahankan hingga
1930 ketika Chrysler Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai. Menara ini
sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di
Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210 m — 689 kaki),
meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).
Struktur besi Menara Eiffel berbobot
7.300 ton sementara
keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci)
karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7cm (2-3 inci)
dalam suasana berangin.Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300
ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36
inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter
kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder
dengan dimensi yang sama,setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara
10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga
dan lift. Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga
yang dimulai di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur
dan pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform
pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun
tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga. Jumlah
anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua
dan 18 ke platform lift di tingkat kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga
terdapat 15 anak tangga naik menuju platform pengamatan atas. Jumlah anak
tangga dituliskan secara bertahap di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga
naik. Kebanyakan tangga naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau
sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60
ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga
penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada
menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat
diubah; menara ini dicat coklat-kelabu.Di tingkat pertama terdapat konsol
interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek
Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.
Ketika
menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel
dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni,
atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan
insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan
angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka
harus mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat
kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan. |
|
Bentuk
menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan
angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang
terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan
tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen
konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada
lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki
pertahanan kuat melawan angin.
Sejak awal
abad ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an,
sebuah kumpulan kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di Avenue
de Suffren dan Champ de Mars. Mereka terhubung dengan transmitter gelombang
panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio bawah tanah permanen
dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga sekarang.Tanggal 20 November 1913,
Paris Observatory, menggunakan Menara Eiffel sebagai antena, mengirim sinyal
tanpa kabel dengan Pusat Observasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang
menggunakan antena di Arlington, Virginia. Obyek transmisi untuk mengukur
perbedaan garis bujur antara Paris dan Washington, D.C.
Menara ini
memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95 m, 311 kaki,
di atas permukaan laut); dan Jules Verne, sebuah restoran gastronomis
mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini memiliki bintang satu
di Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007, seorang koki dengan banyak bintang
Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara untuk menjalankan Jules Verne.Dek
pengamatan teratas, dengan ketinggian 275 meter, merupakan wilayah tertinggi
struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka untuk umum.
Lift
penumpang dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan
penarik yang dijalankan oleh piston besar berkekuatan air. Ketika menaiki
lengkungan, kabin elevator naik sedikit, tapi dengan kejutan naik setiap
beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya sejajar. Pembangunan elevator
diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah museum di satu dari empat
pilar menara.
Berikut Hal-Hal yang sempat Terjadi pada Menara Eiffel
- · Petir menyambar Menara Eiffel 3 Juni 1902, pukul 9:20 malam· Menara Eiffel sebagai papan iklan untuk Citroën sejak 1925 hingga 1934.· Tahun 1902, menara ini tersambar petir (lihat foto di kanan). Puncak setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi menara segera diganti.· Bapa Theodor Wulf tahun 1910 melakukan pengamatan energi pancar yang dipancarkan di atas dan bawah menara, menemukan bagian atasnya lebih dari yang diperkirakan, dan mengawali apa yang saat ini disebut sinar kosmik
- Tanggal 4 Februari 1912, penjahit Austria Franz
Reichelt tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama menara Eiffel
dengan parasut buatannya.
- Tahun 1925, pelukis Victor Lustig
"menjual" menara ini sebagai besi tua.
- Tahun 1930, menara ini kehilangan gelarnya
sebagai struktur tertinggi di dunia ketika Chrysler Building selesai
dibangun di New York City.
- Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroën
memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi
di dunia pada waktu itu.
- Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940,
kabel lift dipotong oleh orang Perancis sehingga Adolf Hitler harus
menaiki tangga ke puncaknya. Bagian-bagian untuk memperbaikinya tidak
mungkin didapat karena perang. Tahun 1940 tentara Nazi harus memanjat ke
atas untuk mengibarkan swastika, tapi bendera ini terlalu besar sehingga
tertiup angin beberapa jam kemudian, dan digantikan oleh yang kecil.
Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan bahwa
Hitler menguasai Perancis, bukan Menara Eiffel. Seorang Perancis mengukur
menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Perancis. Bulan
Agustus 1944, ketika Sekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan Jenderal
Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, meruntuhkan menara bersama
seluruh kota. Von Choltitz menolak perintah itu. Lift Menara bekerja
normal beberapa jam setelah Pembebasan Paris.
- Tanggal 3 Januari 1956, kebakaran menghanguskan
puncak menara.
- Tahun 1957, antena radio ditambahkan di
puncaknya.
- Tahun 1980-an, sebuah restoran tua dan pondasi
besinya dibongkar; dibeli dan dibangun kembali di St. Charles Avenue di New
Orleans, Louisiana, oleh pengusaha John Onorio dan Daniel Bonnot, bernama
Tour Eiffel Restaurant, lebih dikenal dengan Red Room. Restoran ini dibuat
kembali dari 11.000 bagian yang melintasi Atlantik dalam kontainer kargo
40 kaki (12 m).
- Tanggal 31 Maret 1984, Robert Moriarty
menerbangkan sebuah Beechcraft Bonanza melalui lengkungan bawah menara.[18]
- Dalam film aksi/petualangan James Bond tahun 1985
A View to a Kill, Sir Roger Moore sebagai James Bond mengejar May
Day yang diperankan oleh aktris Grace Jones di atas Menara Eiffel. Ia
berparasut dari struktur itu untuk kabur. Video lagu tema film,
dinyanyikan oleh Duran Duran, juga meliputi beberapa adegan band menyanyi
di menara yang berbenturan dengan adegan dari film. 20 tahun sebelumnya,
film Bond Thunderball (1985) memperlihatkan menara ketika Largo,
diperankan Adolfo Celi, parkir di luar kantor SPECTRE di Paris.
- Tanggal 14 Juli 1995, Hari Bastille, pemusik sintesiser
Perancis Jean Michel Jarre mempertunjukkan Konser Untuk Kepedulian di
menara atas bantuan UNESCO. Konser gratis ini dikunjungi oleh 1.5 juta
orang, memenuhi Champ-de-Mars. Konser tersebut menampilkan efek lampu dan
proyeksi di menara, dan kembang api raksasa di luar. 3 tahun kemudian, ia
kembali ketempat yang sama untuk acara musik lainnya, Electronic Night.
- Pada Perayaan Tahun Baru 2000, Menara Eiffel
menyelenggarakan Perayaan Milenium Paris. Kembang api ditembakkan dari
keseluruhan panjang menara dalam penampilan spektakuler. Sebuah pameran di
atas cafeteria di tingkat pertama juga merayakannya.
- Tahun 2000, lampu kedip dan empat lampu suar
berkekuatan tinggi dipasang di menara. Sejak itu pertunjukkan lampu telah
menjadi acara harian setiap malam. Lampu suar di atas menara menjadikannya
menara suar dalam langit malam Paris.
- Menara ini menerima tamu ke 200.000.000 pada
tahun 2002.[19][20]
- Pukul 19:20 tanggal 22 Juli 2003, kebakaran
terjadi di puncak menara pada ruang persiapan penyiaran. Keseluruhan
menara dikosongkan; kebakaran dapat dikendalikan setelah 40 menit, dan
tidak ada laporan korban luka.
- Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.
Beberapa
Kritikan Terhadap Menara Eiffel
· Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya bangunan ini mengganggu mata.
· Eiffel sebenarnya berencana membangun menara ini di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu.
· Orang-orang mengkritik Eiffel bahwa merancang sesuatu
yang tak berseni dari
sisi pandang, tanpa keinginan membangun.
· Saat
pertama kali dibangun menara Eiffel ini selalu menuai berbagai kritikan yang tajam dari
penduduk Paris yang menilai bahwa kehadiran menara ini mengganggu. Dan
berencana agar menara ini diruntuhkan 20 tahun seperti pada perjanjian yaitu
lebih tepatnya pada tahun 1909. Namun
rencana ini batal karena menara Eiffel dinilai menguntungkan bagi kota Paris.